Rabu, 21 Mei 2014

Apa itu animasi...?

Hello brosis, gimana kabar hari ini..? masih tetap semangat kaan?

Kali ini kita akan memberi tahu apa itu animasi, sejarang singkat animasi, jenis-jenis animasi, dll yang penting brosis dapat ilmu tambahan tentang animasi. Langsung saja deh kita ngejelasinnya cekidot.

Pengertian

Animasi, pasti kita akan mengira ini berasal dari kata-kata Anime atau kartun yang berasal dari Jepang. 
Eits.. jangan salah dulu Animasi itu berasal dari kata latin yaitu animade dan inggris yaitu animation yang mempunyai arti menghidupkan / memberikan nyawa / menggerakkan sebuah gambar atau karakter, tidak sekedar bergerak namun bergerak sesuai sifatnya atau bergerak meniru sifat manusia. Misalkan karakter Tom si kucing yang menirukan sifat manusia.
Tom Cat
Pada dasarnya animasi menggerakkan sebuah karakter dengan menggabungkan dua atau lebih gambar yang berbeda-beda atau berurutan agar terlihat seperti hidup dan bergerak.

Sejarah

Animasi sudah mulai diketahui pada jaman pra sejarah, yaitu ditemukannya gambar-gambar yang terdapat pada dinding gua. Gambar-gambar tersebut berupa gambar sederhana kebanyakan gambar hewan buruan, gunung dll. Gambar-gambar tersebut memang tidak bergerak namun diberi kesan bergerak, misalkan gambar rusa yang sedang diburu, rusa terlihat berlari digambarkan dengan beberapa gambar yang menunjukkan frame langkah-langkah rusa berlari.
Gambar rusa yang sedang berlari
Dan salahsatunya ada di Indonesia, ialah wayang, wayang juga termasuk dari animasi, namun digerakkan oleh seorang dalang. 
Kemudian animasi mulai dikembangkan lagi dengan terciptanya Taumatrope, berupa dua buah gambar pada kedua sisinya, misalkan burung pada sisi 1 dan sangkar pada sisi 2, dipuar agar terlihat burung tersebut berada dalam sangkar, Phenakistocope, berupa kumpulan gambar yang berada di piringan dan diputar agar menghasilkan ilusi pergerakan. Kemudian dikembangkan lagi dengan terciptanya Zoetrope, pada intinya hampir sama kumpulan gambar yang diputar, namun bukan dalam piringan namun pada sebuah tabung yang diberi lubang untuk melihat hasil pergerakan gambar, Praxinoscope, hampir sama dengan Zeotrope namun di beri lampu dan lensa untuk memancarkan gambar agar dapat ditampilkan pada sebuah layar. Kelemahan contoh yang telah disebutkan ialah keterbatasan animasi, dan terkesan monoton, dikembangkanlah berbagai gerak dengan menggabungkan banyak gambar dengan menggambarnya pada lembaran-lembaran kertas sampai saat ini membuat animasi dengan menggunakan teknologi komputer, hemat kertas hemat waktu, hemat biaya.

Praxinoscope
Phenakistocope
Zeotrope
Thaumatrope
Jenis Animasi

a. Traditional
Animasi tradisional dapat diartikan sebagai animasi klasik atau animasi sel. Biasanya dibuat dengan menggunakan teknik menggambar manual / menggunakan tangan tiap framenya. Animasi tradisional juga merupakan cikal bakal dari perkembangan animasi yang ada hingga saat ini.

Contoh dari mainan animasi tradisional seperti yang terlihat film di Lone Ranger "taumatrope, sumatrope". Thaumatrope adalah mainan yang populer di zaman Victoria . Sebuah lingkaran atau kartu dengan gambar di setiap sisi melekat pada dua utas tali . Ketika tali yang memutar-mutar dengan cepat diantara jari-jari, dua gambar muncul untuk bergabung menjadi satu gambar.
Thaumatropes adalah salah satu permainan sederhana , mainan optik mekanik yang digunakan. Mereka diakui sebagai awal penting sinematografi dan khususnya animasi .

Thaumatrope
b. Stop Motion
Stop Motion (juga dikenal sebagai stop frame) adalah teknik animasi untuk membuat objek secara fisik dimanipulasi muncul untuk bergerak sendiri. Tujuannya adalah bergerak sedikit demi sedikit antar frame yang difoto secara individual + manual, untuk menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan sebagai urutan yang kontinu. Boneka dengan sendi bergerak atau tokoh tanah liat sering digunakan dalam stop motion untuk kemudahan reposisi. Menghentikan gerakan animasi menggunakan plastisin disebut animasi tanah liat. Tidak semua stop motion membutuhkan tokoh atau model; banyak film stop motion dapat melibatkan manusia, peralatan rumah tangga dan hal-hal lain untuk efek komedi. Menghentikan gerakan menggunakan benda kadang-kadang juga disebut sebagai objek animasi. Contoh dari animasi stop motion adalah Shaun The Sheep.


Karena bermain menggunakan frame teknik yang digunakan pun ada jenisnya yaitu 
Acceleration frame yang lebih sedikit karena menginginkan kecepatan gerakan yang lebih cepat, Deceleration frame yang menginginkan gerakan yang lebih lambat yang tentunya juga menggunakan frame yang lebih banyak.

c. Computer
Animasi komputer atau CGI animasi adalah proses yang digunakan untuk menghasilkan gambar animasi dengan menggunakan komputer grafis . The komputer-generated imagery istilah yang lebih umum dalam bahasa inggris meliputi gerak baik adegan statis dan gambar yang dinamis , sedangkan animasi komputer hanya mengacu pada gambar bergerak .Animasi komputer modern biasanya menggunakan komputer grafis 3D , meskipun komputer grafis 2D masih digunakan untuk gaya , bandwidth rendah , dan lebih cepat rendering real-time . Kadang-kadang target animasi adalah komputer itu sendiri , tapi kadang-kadang target adalah media lain , seperti film. Animasi komputer pada dasarnya adalah penerus digital dengan teknik gerak berhenti digunakan dalam animasi tradisional dengan model 3D dan frame-by -frame animasi 2D ilustrasi . Yang dihasilkan dari animasi komputer lebih terkendali daripada proses fisik lainnya, seperti membangun miniatur untuk efek gambar atau menyewa tambahan untuk adegan keramaian , dan karena itu memungkinkan penciptaan gambar yang tidak akan layak menggunakan teknologi lainnya . Hal ini juga dapat memungkinkan seorang seniman grafis tunggal untuk menghasilkan konten tersebut tanpa menggunakan aktor , potongan set mahal, atau alat peraga .Untuk membuat ilusi gerakan , sebuah gambar ditampilkan pada monitor komputer dan berulang kali diganti dengan gambar baru yang mirip dengan itu , tapi maju sedikit dalam waktu ( biasanya pada tingkat 24 atau 30 frame / detik ) . Teknik ini identik dengan bagaimana ilusi gerakan dicapai dengan televisi dan film. Animasi komputer pada umumnya menggunakan teknologi komputer, 2D, 2halfD, 3D


Contoh dari 2D adalah Comic, Kartun dll (memiliki sumbu x dan y saja, tidak memiliki kedalaman atau volume)

Contoh dari 2halfD adalah ciri dari animasinya yang diberi efek higllight, bayangan, cerah, emboss dll.)


Contoh dari 3D adalah animasi yang mempunyai kedalaman/ volume. Contohnya Frozen, Transformers, Pasific Rim dll.

Contoh dari animasi komputer (3D), Nah animasi ini adalah contoh dari 3D yang digabungkan dengan Objek real / nyata seperti manusia, mobil, dsb.


Style

Dalam animasi pasti memiliki ciri khas dari setiap pembuat dan tempat asalnya misalkan Jepang yang mempunyai Manga jika Amerika memiliki Comic.

Amerika
Memiliki ciri berupa garis yang tegas, gambar yang mirip dengan objek asli namun itupun hanya beberapa lebih berbentuk fantasi, mengandung cerita yang dialami pada kehidupan sehari-hari, humor yang agak berat, kebanyakan bercerita laga aksi, petualangan, berteknologi canggih. Badan yang berotot.

Jepang
Anime, Manga, H__t__i dll hehehhee IYKWIM
Hampir mirip dengan objek asli namun melebihkan pada rekayasa bentuk mata, mata yang besar dan berwarna-warni beigtupun rambut yang nyleneh, bentuk dagu hampir semua memiliki bentuk bersudut, memiliki kesopanan seperti budaya timur, terkesan badan yang lebih ramping. Biasanya bercerita soal meraih impian.

Eropa
Biasanya bercerita fantasi, jaman kerajaan, jaman pertengahan, memiliki kesopanan ala barat atau kesopanan ala kerajaan. Lebih ke misteri dan petualangan.

Indonesia
Hampir semua style yang ada di dunia sudah bercampur di Indonesia, mungkin animator indonesia hanya menambahkan kesan budaya Indonesia, seperti baju batik, tempat yang ada di Indonesia dll

Perkembangan

Perkembangan animasi didunia sangatlah pesat karena juga terpengaruh dengan teknologi yang juga berkembang yang lebih pesat, yang awalnya hanya pergerakan monoton dan warna yang terbatas hingga gambar yang lebih detail, pewarnaan yang tajam, pergerakan yang sesuai objek asli dll.

-) Perkembangan  Animasi Di Amerika
                Animasi mulai berkembang sejak abad 18 di amerika. Pada saat itu teknik stop motion animation banyak disenangi. Teknik ini menggunakan serangkaian gambar diam / frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah  olah gambar tersebut bergerak. J. Stuart Blackton adalah orang Amerika pertama yang menjadi pionir dalam menggunakan teknik stop motion animation.
Tokoh yang berjasa dalam perkembangan animasi adalah Walt Disney. Karya – karya yang dihasilkannya seperti Mickey Mouse, Donul Duck,Pinokio, Putri Salju, dll.  Walt Disney juga adalah orang pertama yang membuat film animasi bersuara yaitu film Mickey Mouse.
Animasi di jepang mengikuti pola perkembangan animasi di Amerika seperti dalam hal suara dan warna. Dalam perkembangannya, kedua negara ini banyak bersaing dalam pembuatan animasi. Amerika dikenal dengan animasinya yang menggunakan teknologi canggih dan kadang simple. Sedangkan animasi jepang mempunyai jalan cerita yang menarik.
Hingga saat ini perkembangan animasi di amerika masih sebagai seni yang minor yang hanya ditujukan bagi anak – anak.

-) Perkembangan Animasi di Eropa
                Perkembangan animasi di Eropa dominan oleh keberadaan komik – komiknya. Seperti di Perancis dan Swedia yang terkenal dengan  komik Doc Martin dan Tintin.

-) Perkembangan Animasi  di Rusia
                Perkembangan animasi di Rusia dimulai dengan prionir animator pertama mereka, Ladislas Starevitch(1882-1965). Dalam waktu yang lama sejak tahun 1960 ke belakang, animasi Rusia meningkat secara kualitas. Ditandai dengan karya Fjodor Khitruks dalam History of a Crime yang untuk pertama kalinya sejak era Social Realism, berangkat dari tema kontemporer.
Hingga kini animasi rusia seperti halnya amerika  dan negara – negara lain turut berkembang dengan pesat.

-) Perkembangan Animasi di Asia
                Kemudian animasi juga merambah ke dunia asia. Di jepang misalnya animasi mulai berkembang sejak tahun 1913. Dimana pada waktu itu dilakukan first experiment in animation yang dilakukan oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro. Semua jenis animasi  yang berasal dari jepang disebut anime oleh penduduk non-jepang. Berkembangnya industrie anime memiliki hubungan erat dengan penurunan industri perfilman jepang. Industri animasi berawal pada tahun 1915 dengan animasi sebagai bentuk karya seni komersial setelah era pasca perang dan  memiliki puncak pencapaian pada pemunculan serial TV Astro Boy dari Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Jalan cerita Astro Boy yang menarik dikombinasikan dengan desain kesuksesannya yang cukup cepat.
Memasuki 1990-an, banyak bermunculan anime-anime yang menarik secara intelektual, seperti melalui serial tv yang dianggap provokatif : Neon Genesis Evangelion karya Hideaki Anno dan juga Mononoke Hime karya Hayao Miyazaki, membuat anime makin dikenal.

-) Perkembangan Animasi di Indonesia
                Sedangkan di Indonesia perkembangan animasi di indonesia berjalan lambat karena sulitnya ruang lingkup promosi bagi para animator indonesia. Alasan lain adalah kurangnya pendidikan formal animasi yang dapat mendukung peran mereka sebagai animator.  Setelah itu masalah kemampuan bahasa juga mempengaruhi perkembangan animasi tersebut, yang mana di indonesia sendiri penguasaan akan bahasa asing khususnya bahasa inggris sangat terbatas sehingga kebanyakan animation house mancanegara kurang berminat mendirikan studi animasinya di indonesia, namun disamping itu semua di indonesia patut berbangga karena wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi music. Pada perkembangannya sekarang ini di indonesia mulai berkembang lebih baik lagi ditandai dengan munculnya film-film animasi di indonesia dengan semakin beragam.

Naah udah paham belum? ya begitulah deh penjelasan singkat dari kita dan beberapa sumber yang mengulas tentang animasi. 

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Animasi
http://en.wikipedia.org/wiki/Animation
http://animationforus.weebly.com
The History of Animation, Steven Cavaliers
Pengertian Animasi, Catatan di Kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar