Rabu, 21 Mei 2014

[Review] 2112 The Birth of Doraemon

     Oleh: Anys Galih Prabowo - 672012094 (Dasar Animasi C DV204C)

     Halo teman dan kawan semua, apa kabar kalian semua? Sehat semua kan ya? kalo ada yang sakit mendingan buruan priksa gih bilang abis baca artikel dariku *gak ada hubungannya biarin wes*. Kebetulan saya mendapat tugas nih untuk review film 2 Dimensi. Untuk tugas ini saya mengambil salah satu film yang familiar dan dapat dinikmati oleh seluruh usia yaitu Doraemon The Movie yang berjudul 2112 The Birth of Doraemon. 

     Doraemon merupakan tokoh kartun yang berasal dari Jepang yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio. Di dalam film ini menceritakan tentang bagaimana sejarah dari Doraemon dan  bagaimana awal mula tokoh Doraemon bisa tercipta dari penciptanya (Fujiko F. Fujio). Film ini hanya berdurasi sekitar 30 menit tapi dijamin kalo teman teman nonton ini pasti gak akan nyesel deh karena ceritanya seru, lucu dan ada pesan yang bisa kita ambil nantinya.

 
Awalnya Doraemon adalah robot kucing yang diproduksi secara massal pada tahun 2112. Sebenarnya Doraemon tidaklah berwarna biru seperti yang kita tahu sekarang ini. Dulunya dia adalah robot kucing berwarna kuning. Tetapi dia merupakan robot yang mengalami sedikit kerusakan dan tidak memenuhi uji kualitas. Dia sering mengalami nasib sial yang terus menimpa dirinya.

    Nah sebelum mengalami kesialan yang beberapa kali ini nih bentuk aslinya doraemon, dia berwarna kuning dan memiliki daun telinga layaknya kucing normal seperti biasa. Setelah dia mengalami kerusakan (produk gagal) akhirnya dia tidak dijadikan pekerja di dalam pabrik seperti lainnya. Seiring berjalannya waktu dia bertemu dengan kawan kawan baru yaitu Doramiyako dan kawan kawan yang lain. Mereka yang menemani dan membantu Doraemon untuk percaya diri untuk menjalani hidupnya.

     Pada suatu saat terdapat acara untuk menentukan apakah satu robot akan diadopsi dan dirawat oleh manusia. Dan sialnya Doraemon tidak ada yang mau mengadopsi, tapi akhirnya ada ketidaksengajaan seorang bayi yang bernama Sewashi dan akhirnya Doraemon lulus dan dirawat oleh keluarha Sewashi untuk membantu menjaga Sewashi. Nah kalian penasaran bagaimana lanjutan ceritanya dan bagaimana ceritanya Doraemon yang dulunya berwarna kuning dan memiliki daun telinga bisa menjadi biru dan berkepala plontos licin tanpa ada telinganya? Lebih baik teman teman menyediakan waktu sebentar untuk menonton film ini. Lebih gampangnya saya kasih nihh...



Gimana? udah selesai nontonya? Seru kan?
Jika berbicara film, setiap film pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, nah mungkin ini adalah kelebihan dan kekurangannya dari versi saya.

Kelebihan :

  • Memiliki alur cerita campuran tetapi mudah dipahami oleh penonton
  • Gambar yang dibuat terlihat jelas sehingga penonton tidak bingung untuk mengetahui siapa tokoh tersebut
  • Setiap tokoh memiliki sifat dan karakter yang kuat
  • Memiliki cerita yang menarik dan tidak membosankan karena diselingi dengan humor atau sikap lucu dari beberapa tokoh
  • Memiliki durasi waktu yang tidak panjang tetapi dapat menyampaikan cerita yang baik
  • Dan yang pasti akhir yang bahagia itu jauh lebih baik daripada akhir yang menyedihkan haha
Kekurangan :
  • Terdapat alur yang loncat dari Sewashi yang kecil tiba tiba sudah besar
  • Menurut saya gambar tempat/benda mati kurang pas untuk film ini
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menurut saya, jujur saja saya bingung untuk menentukan kelebihan dan kekurangan dari film ini, apalagi untuk kekurangan film. Mungkin ini yang bisa saya paparkan dalam review ini. Di awal saya menyampaikan bahwa kita bisa mengambil pesan moral dari film ini. Menurut saya dari film ini kita diajarkan untuk tidak mudah putus asa dalam menjalani hidup meskipun banyak halang  rintangan yang menghadang dalam perjalanan hidup kita *tsaahh. Selain itu dijelaskan di akhir cerita djelaskan doraemon ditemukan tidak sengaja yang berarti terkadang kita tidak harus berfikir keras untuk menemukan ide atau menciptakan sesuatu tetapi terkadang terdapat ide ide yang datang secara tiba tiba dan tidak disengaja. Hal hal itulah yang biasanya membuat kita lebih kreatif lagi dan kembali pada pesan pertama kita tidak diperbolehkan putus asa meskipun kita tertinggal oleh teman teman kita yang lain. Kita harus bersabar dan terus berusaha untuk mendapatkan apa yang kita inginkan sehingga tujuan kita bisa tercapai.

Nah inilah orang orang yang berada di balik film ini :

·         Original - Fujiko F. Fujio
·         Director - Yonetani Yoshitomo
·         Animation Director - Takakura Yoshihiko
·         Art Director - Akashi Seiko
·         Director of Photography - Hiroshi Akira Kumagai
·         Recording Director - Urakami Yasuo
·         Colorization - Miwako Teruya
·         Finishing - Reiko Daigo, Maeno Izumi, Akiko Aihara, Kaneuti Yukiko, Anzai Naomi, Oohira Noriko
·         Special Effects - Doi Mitiaki
·   Background - Tensui wins, Hazi Masahiro, T. Nakamura, Okabe Mayumi, Megumi Takeuchi, Matsukawa Makoto
·         Shooting - Yamada Hiroaki, Kurata Yoshimi, Kisuki, Suzuki Hiroshi, Kaneko Masashi
·         Editor - Kozima Toshihiko, Yumiko, Hideaki Murai, Akira Hiroshi Kawasaki, Miyake Kei
·         Effects - Matsuda Akihiko
·         Recording studio - studio APU
·         Voicing - Ooshiro Hisanori
·         Production Record - Odiopuranninguyu
·         Technical Assistance - Mori Mikio
·         Title - Akira Michikawa
·         Development - Tokyo Processing Station
·         Production Desk - Saitou Atsushi, Ogura Kumi
·         Producer - Exhibit Hazime Takeshi, Yumi Jiro phase, Koizumi Yoshiaki, Kimura Zyuniti

Inilah review film yang dapat saya bagi untuk teman teman semua, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk teman teman semua. Tak lupa saya ucapkan terima kasih karena teman teman sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit ketikan saya yang mungkin tidak bagus tapi saya tetap berharap semoga tidak menyesal untuk membaca ini dan saya mohon maaf kalo ada salah salah kata ataupun ada beberapa hal yang tidak berkenan di hati teman teman. Okay sudah dulu dan tetap jaga kesehatan ya kawan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar