Jumat, 16 Mei 2014

Apa itu pemrograman JAVA (Dasar dan Singkat ++ Guyon)

Hello Everybody... How are you? sae kaan? hehhee

Wah ga kerasa udah masuk kuliah lagi, ketemu pemrograman lagi, siapa yang bosen? hehehe Tetep berusaha ya, jangan males, terus jangan berpikiran salah masuk jurusan hehe... #Semangat



M: "Eh semester 3 ini pemrogramannya tentang apa sih?"
A: "Ooh nanti itu Pemrograman Berorientasi Objek disingkat PBO"
S: "Itu ngapain ya?"
A: "Ya belajar buat program, kalo dulu kan kalian Pascal, ASD masih pake method, function, struct dll, nah disini ada yang namanya class, objek dll banyak deh pokoknya"
S: "Bahasa nya pake apa??"
A: "Bahasa manusia laah..."
M: " -_-, maksudnya bahasa pemrogramannya woy..."
A: "woh, pakenya bahasa pemrograman JAVA"
S: "iya itu masih bahasa manusia, kan boso Inggrise JOWO -_-"
A: "Lha iya itu bahasa pemrogramannya"
M: "Owalah, tak kirain bercanda"
S: "Yowislah bro, ta ke WC dulu"
A: "We -_- ?"


Ya itulah tadi percakapan random dari manusia FTI yang ngalor ngidul. Daripada sama sekali ga tau apa itu Java langsung saja lah ye jelasinnya..


Bahasa Pemrograman JAVA
Java adalah suatu bahasa pemrograman komputer yang dapat juga berjalan di perangkat mobile. Java juga memiliki bahasa yang kokuren, berbasis kelas, berorientasi objek. Pertama dikembangkan oleh James Gosling bersama tim nya di Sun Microystems dan akhirnya dirilis pada tahun 1995 dan dinamai dengan Java.
Padahal project sebelum terciptanya bahasa ini adalah Bahasa Oak kemudian diberinama Green dan akhirnya Java, konon penamaan java terserap dari Java Coffe yaitu biji kopi yang berasal dari pulau Jawa Indonesia. Makanya logo Java adalah cangkir kopi yang masih panas.


James Gosling
Logo Java
Bahasa Java memiliki syntax yang mirip-mirip dengan C/C++ karena pengembang dari bahasa pemrograman ini basic nya adalah pemrograman C/C++ namun mereka menyempurnakan dengan bahasa yang dibuatnya sendiri dengan model objek yang sederhana dan memiliki dukungan fitur low level daripada keduanya.
Java juga mendukung OOP atau Object Oriented Programming dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi, karena bersifat open source, karena itulah java memiliki slogan "write once, run anywhere" (WORA) atau jika diartikan "Tulis Sekali, Jalankan dimana saja"

Java mempunyai seri yaitu SE, EE dan ME
SE adalah Standard Edition untuk pengembangan program/aplikasi yang berskala kecil dan sedang
EE adalah Enterprise Edition namanya juga Enterprise pasti fungsi nya juga untuk pengembangan program/aplikasi yang berskala besar dan memiliki kerumitan tersendiri serta memiliki harga proyek yang mahaal
ME adalah Micro Edition untuk pengembangan aplikasi berskala aplikasi mobile dan sangat kecil misalkan kulkas, AC dll

Contoh program sederhana, Menyapa Dunia
class HelloWorldApp {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Hello World!");
    }
}
IDE (Integrated Development Environment)
Banyak yang sudah membuat aplikasi ini, aplikasi ini memungkinkan kita membuat program dengan lingkungan yang mudah, karena IDE telah menyediakan fitur fitur yang lengkap, seperti editor, compiler, debugger dll
Beberapa aplikasi IDE adalah Netbeans, JCreator, Eclipse, Dr. Java dsb, terserah kalian mau pakai yang mana tergantung teman-teman nyaman pakainya.

Mungkin penjelasan yang singkat dan random ini sampai sini saja hehehe
Sampai jumpa di lain kesempatan

Thanks :D

source: wikipedia.org dan berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar